" Dan taatilah Allah dan Rasul,supaya kamu di beri Rahmat ". ( Q.S.3:132 )

24.1.11

Orang yang berambisi agar kedudukannya lebih tinggi,kelak dihari kiamat Allah akan menghinakannya

Tiada seorang hambapun di dunia ini menghendaki agar kedudukannya diangkat satu derajat,kecuali Allah Swt.akan merendahkannya kelak di akhirat dalam kadar yang lebih rendah dan lebih hina dari pada yang sekarang. ( Riwayat Thabrani ).
Syarah/Penjelasan:
Hadis ini memperingatkan kepada kita agar kita ber-zuhudterhadap kekuasaan dan kedudukan karena sesungguhnya kekuasaan dan kedudukan itu hanya diberikan kepada orang yang tidak menghendakinya.
Barang siapa yang menghendaki kedudukan atau kekuasaan atau pangkat yang lebih tinggi dari apa yang diperolehnya sekarang,maka kelak dihari kemudian Allah akan merendahkannya serendah-rendahnya.Tapi kalau orang yang mengangkat derajat kita tanpa kita minta atau kita diberikan amanah yang tinggi oleh orang lain,maka dengan Bismillah terimalah amanah tersebut,anggaplah itu amanah dari Allah,amanah berupa jabatan yang tinggi akan membika lebar-lebar pintu kita untk berbuat kebajikan lebih banyak.
Tapi juga bisa amanah berupa jabatan yang tinggi akan membuka pintu dosa yang selebar-lebarnya dengan fasilitas yang selengkap-lengkapnya dan kemudahan yang semudah-mudahnya.Maka mintalah petunjuk kepada Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer